kulminasi matahari tugu khatulistiwa pontianak

kulminasi matahari tugu khatulistiwa pontianak

Peristiwa kulminasi matahari menjadi salah satu agenda wisata yang dinantikan banyak orang, tak terkecuali turis mancanegara. Kulminasi matahari merupakan peristiwa langka ketika matahari tepat berada di garis khatulistiwa, pada saat itu posisi matahari akan tepat berada di atas kepala sehingga menghilangkan semua bayangan benda-benda di permukaan bumi terutama di kawasan Tugu Khatulistiwa. Fenomena alam ini hanya terjadi dua kali dalam setahun yakni antara tanggal 21-23 Maret dan 21-23 September pukul 11.38 WIB. Pontianak sebagai satu-satunya kota yang dilintasi garis khatulistiwa di pusat kota. Sementara negara-negara lainnya di dunia yang dilintasi garis khatulistiwa berada jauh dari pusat kota, bahkan ada yang di pedalaman dan sulit dijangkau. Hal itu menjadikan Pontianak memiliki keistimewaan dibanding daerah atau negara-negara lain yang dilintasi garis khatulistiwa.

 

Ketika ini terjadi, bayangan benda di Pontianak seakan menghilang dan telur pun bisa berdiri tegak. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pontianak mengemasnya dengan acara Pesona Kulminasi Matahari yang diselenggarakan pada tanggal yang sama setiap tahunnya di Tugu Khatulistiwa. Kulminasi Matahari menghasilkan gaya gravitasi yang cukup kuat sehingga bisa membuat telur berdiri tegak di titik nol derajat.

 

Titik Kulminasi Matahari merupakan fenomena alam ketika Matahari tepat berada di garis khatulistiwa. Pada saat itu posisi Matahari tepat berada di atas kepala sehingga bayangan benda-benda di permukaan bumi tidak tampak. Inilah yang terjadi pada bayangan Tugu Khatulistiwa Pontianak selama beberapa detik. Demikian pula dengan bayangan benda-benda lain di sekitar tugu.

 

Di depan Tugu Khatulistiwa disiapkan alat deteksi kulminasi berupa besi bulat sepanjang dua meter yang dihubungkan dengan dua rangkap kaca cembung. Alat ini berfungsi menangkap sinar Matahari dalam satu titik yang panasnya mampu menyulut sumbu mercon.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *