wisata singkawang, singkawang tour destination

wisata singkawang, singkawang tour destination

Kota Singkawang adalah kota wisata nya Kalimantan Barat yang banyak menyimpan destinasi wisata, baik itu wisata alam dan juga wisata budaya.

Dikenal dengan sebutan kota Amoy karena banyak penduduk etnis tionghoa yang tinggal di pusat kota Singkawang terutama kawasan pasar, dan juga kental dengan nuansa budayanya yang khas dengan keberagaman dan kemajemukan bersama penduduk asli masyarakat suku dayak dan melayu dan suku pendatang lainnya, kota Singkawang adalah kota yang mendapat predikat kota majemuk dengan toleransi nomor satu di Indonesia.

 

Beragam kultur dan perbedaan yang ada di kota Singkawang ini terlihat sangat harmonis dengan berbagai budaya yang ada, bisa Anda lihat saat hari-hari besar keagamaan satu sama lain akan saling mendukung seperti lebaran, natal, tahun baru imlek serta cap go meh yang selalu menjadi acara besar yang paling menarik minat wisatawan nusantara dan juga wisatawan asing untuk menyaksikannya.

 

Sebagai kota wisata tentunya Anda harus mengetahui berbagai destinasi wisata apa saja yang ada di kota Singkawang ini, berikut bisa Anda lihat dibawah ini:

  1. Pantai Pasir Panjang, pantai pasir putih yang membentang sepanjang kurang lebih 3 km ini adalah ikon wisata pantai kota Singkawang yang bisa di temui saat masuk perbatasan kota Singkawang atau sekitar 30 menit sebelum pusat kota Singkawang.
  2. Tanjung Bajau, adalah salah satu destinasi wisata pantai kota Singkawang dimana tempat ini adalah kawasan resort yang memiliki 4 tempat wisata dalam satu kawasan Tanjung Bajau diantaranya Pantai Bajau dan pantai pasir pendek, Bukit Rindu Alam, Sinka Zoo (kebun binatang), dan Taman wisata Dunia Air. Disini juga terdapat taman bermain untuk anak-anak dan juga kapal pesiar ke pulau penata.
  3. Taman Bukit Bougenvile, satu kawasan wisata yang didalamnya terdapat taman berbagai jenis bunga yang ditata dengan rapi dan indah, kawasan hutan dengan pepohonan rindang dan sejuk, danau / telaga disini anda bisa berperahu di atasnya, dan juga terdapat patung-patung tokoh animasi kartun dan juga patung shio binatang.
  4. VIHARA TRI DHARMA BUMI RAYA, vihara tua yang terletak di jantung kota Singkawang, dijadikan sebagai pusat kegiatan dalah perayaan Cap Go Meh, yaitu perayaan masyarakat tionghoa yang turun ke jalan pada hari ke-14 sampai 15 setelah tahun baru imlek atau diagendakan setiap tanggal 28 februari.

    Baca juga : Destinasi wisata yang wajib dikunjungi di Kota Pontianak

  5. Cagar budaya Kawasan Tradisional Rumah Marga Tjhia, adalah salah satu rumah bersejarah penanda awal masuk nya etnis tionghoa di Singkawang, dan rumah ini adalah satu-satunya rumah bersejarah yang masih ada dan terawat keberadaannya di antara rumah-rumah lainnya.
  6. Pembuatan keramik dengan tungku naga, kota Singkawang dikenal dengan hasil kerajinan keramik yang motif dan kualitasnya sangat mirip dengan hasil keramik dari buatan tiongkok, yang sudah berdiri sejak awal kedatangan di Singkawang, yang unik dari tempat ini adalah dengan pembakaran menggunakan tungku naga, dimana tunggu tersebut adalah tunggu sebesar rumah yang didalamnya bisa dimasuki oleh orang dewasa, disitulah keramik-keramik yang sudah di gambar / di ukir di bakar untuk memperkuat pada proses akhir.
  7. Kawasan Pasar Hongkong, nah destinasi yang satu ini juga masih berada di pusat kota Singkawang, jika Anda lihat pada siang hari kawasan pasar ini terlihat biasa saja dengan lalu lalang kendaraan, dan berbeda pemandangan nya jika Anda kemari pada malam hari, disini Anda akan menemukan nafas kota Singkawang dimalam hari, dengan hadirnya banyak gerobak-gerobak jualan yang menjual berbagai macam makanan dan minuman yang bisa Anda pilih sesuka yang Anda inginkan.
  8. Kuliner Bakmie Kering Haji Aman, Kuliner yang satu ini adalah makanan chines food yang khas dari kota singkawang, kalau wisata ke kota Singkawang jangan sampai dilewatin menu yang satu ini, dengan campuran berbagai variasi bahan dalam satu mangkok ada mie kriting, bakso, daging, jamur, dan kuah yang disajikan terpisah membuat sensasi rasa tersendiri. Tentunya buat yang muslim tak perlu khawatir dijamin halalan toyiban makanannya, karena yang punya pak haji aman seorang mualaf yang pasti menjaga kehalalannya.
  9. Bubur sapi, kuliner yang satu ini juga salah satu makanan khas kota Singkawang, seperti bubur lainnya namun ditambah kuah kaldu sapi dan juga irisan halus daging sapi yang nikmat.
  10. Ikan bakar kuala Singkawang, sebagai kota yang berada di tepi laut tentunya hasil laut adalah menu yang favorit untuk di santap, salah satu nya ada di kuala Singkawang ini, disini Anda bisa memilih berbagai jenis ikan bakar segar yang baru naik dari laut dengan rasanya yang nikmat ditambah dengan menu lainnya seperti asam pedas, sayur asam, dan juga bubur pedas khas.
  11. Spesial Event Tahunan Cap Go Meh, yaitu perayaan masyarakat tionghoa yang turun ke jalan pada hari ke-14 sampai 15 setelah tahun baru Imlek. Perayaan Cap Go Meh bertujuan untuk membersihkan kampung. Dalam perayaan Cap Go Meh berbagai macam Tatung/Louya keliling kampung. Khusus di kota singkawang, vihara ini menjadi pusat berkumpulnya berbagai macam Tatung/Louya yang bertujuan untuk menyembah para dewa pada perayaan Cap Go Meh.

 

Nah sudah tahu kan kalo ke singkawang tujuannya mau kemana saja, yuk siapkan rencana perjalanan kamu sekarang juga, Borneotrip siap menemani Anda jalan-jalan sepuasnya ke kota Singkawang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *